Pages

Jumat, 16 September 2011

Manfaat Dari Buah Tomat



Tomat biasanya banyak digunakan untuk bahan membuat jus atau campuran dalam bahan masakan. Namun, ternyata selain digunakan untuk kedua kebutuhan tersebut, manfaat tomat bagi kulit  juga layak untuk diperbincangkan. Mendengar manfaat tomat bagi kulit mungkin sedikit asing dibandingkan dengan mendengar manfaat madu bagi kulit, tapi tahukah Anda jika tomat juga memiliki khasiat yang cukup baik bagi kulit Anda, terutama kulit wajah?
Ingin kulit sehat dan terawat? Ini dia rahasianya. Gunakanlah kosmetik alami berbahan tomat. Cara ini lebih mudah dan murah dibanding harus datang ke salon kecantikan. Apa saja manfaat tomat bagi kulit? Bagaimana caranya? Sebelumnya, mari mengenal tomat dan segudang khasiatnya.

Manfaat Tomat Bagi Kulit

Berkenalan dengan Si Merah Bulat

Siapa yang tak kenal dengan tomat? Hampir semua orang pasti mengenal tomat. Selain mudah dijumpai, tomat dikenal karena warnamerahnya yang cerah. Namun, sayangnya manfaat tomat bagi kulitsepertinya masih belum cukup familiar.
Berbicara mengenai tomat, secara langsung juga berbicara tentang manfaat, salah satunya  manfaat tomat bagi kulit, walaupun manfaat tomat yang satu itu tidak terlalu terkenal. Buah satu itu memiliki banyak jenis. Ada tomat buah yang berukuran besar, ada tomat sayur dengan ukuran yang lebih kecil, dan ada tomat yang lebih kecil lagi alias super mungil, yakni tomat ceri dengan ukuran sebesar kelereng. Manfaat
Meskipun banyak jenisnya, setiap tomat mengandung unsur gizi yang hampir sama. Tomat kaya akan vitamin A, vitamin C, mineral, serat, dan zat fitonutrien. Manfaat tomat bagi kulit juga tidak membeda-bedakan jenis tomat yang digunakan. Namun, pada umumnya, tomat berwarna merah menyala lah yang banyak diambil manfaatnya untuk merawat kulit.

Manfaat Tomat Bagi Kulit

Tubuh Sehat dengan Tomat

Sudah sejak lama para ilmuwan meneliti manfaat tomat bagi kesehatan. Tapi tidak dengan manfaat tomat bagi kulit. Berdasarkan hasil penelitian, tomat diketahui dapat mengobati gangguan pencernaan, diare, memulihkan fungsi lever, dan mencegah serangan empedu.
Selain itu, tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah penyebab stroke dan penyakit jantung. Bagi pasangan suami-istri, mengonsumsi tomat sangat bermanfaat karena tomat berkhasiat memulihkan lemah syahwat dan meningkatkan jumlah sperma.
Bagi Anda yang tidak ingin terkena kanker, seperti prostat, lambung, tenggorokan, dan usus besar, tidak ada salahnya mengonsumsi tomat. Setelah diteliti, tomat mengandung asam klorogenat dan asam p-kumarat. Kedua zat ini mampu menghancurkan zat nitrosamin penyebab kanker.
Ada juga zat lain dalam tomat yang dapat menyembuhkan luka danjerawat. Tomatin namanya. Zat ini mempunyai sifat antiinflamasi. Tomat juga mempunyai sifat antipiretik alias penurun demam. Jadi, jika Anda demam, jangan ragu untuk makan tomat. Selain  bermanfaat untukkesehatan, manfaat tomat bagi kulit juga nyatanya sangat banyak.

Kulit Indah dengan Tomat

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tomat ternyata bermanfaat bagi kulit. Manfaat tomat bagi kulit di antaranya sebagai berikut.
  1. Tomat digunakan sebagai bahan dasar masker dan pil anti penuaan.
  2. Manfaat tomat bagi kulit untuk mengembalikan keseimbanganminyak pada kulit berminyak sehingga wajah selalu segar dan alami.
  3. Memperbaiki kulit dan melindunginya dari efek sinar ultraviolet.
  4. Tomat bisa digunakan sebagai pembersih sekaligus pemutih wajah.
Lalu, bagaimana manfaat tomat bagi kulit itu bisa cukup banyak? Penyebabnya ada pada warna merahnya. Warna merah pada tomat disebabkan pigmen likopen. Zat ini memang terbukti efektif sebagai antioksidan, senyawa yang mampu mencegah terjadinya kanker kulit dengan cara menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok,polusi, dan sinar ultraviolet.
Adalagi campuran susu dan tomat yang dapat digunakan sebagai pembersih sekaligus pemutih wajah semakin memperkaya manfaat tomat bagi kulit. Kombinasi asam laktat yang terkandung di dalam susu dan asam buah dalam tomat mempunyai kemampuan melakukan peeling (pengelupasan) secara halus pada kulit wajah.

Manfaat Tomat Bagi Kulit – Yuk, Mulai Memanfaatkan Tomat untuk Kulit!

Dari penyampaian diatas, sedikit banyak kita telah mengetahui manfaat tomat bagi kulit dari kandungan-kandungan yang dimiliki tomat. Lantas, bagaimana cara memanfaatkan kandungan tomat yang baik untuk kulit?  Berikut adalah cara-cara memanfaatkan kandungan tomat untuk kulit Anda:

Menghaluskan Wajah

  • Bersihkan wajah, lalu iris dan peras tomat.
  • Oleskan perasan air tomat ke wajah.
  • Tunggulah sekitar 15 menit, lalu basuh lagi dengan air.
  • Lakukan hal itu setiap hari.

Masker untuk Jenis Kulit Berminyak

  • Siapkan sebuah tomat dan tiga sendok makan tepung maizena.
  • Kupas kulit tomat, kemudian haluskan dan campur dengan tepung maizena sampai rata.
  • Bubuhkan pada wajah dan diamkan selama 15 menit.
  • Untuk membersihkan masker, cucilah wajah sampai bersih dengan air hangat.

Cara Lain Membuat Masker Tomat

  • Blender sebuah tomat, kemudian masukkan 1 sendok makan putih telur.
  • Oleskan pada wajah, lalu diamkan sekitar 10-30 menit.
  • Setelah itu, bilas dengan air bersih.
  • Lakukanlah 1-2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan kulit halus dan cantik alami.
Nah, teman-teman manfaat dari tomat cukup banyak kan! Ayo kita manfaatkan tomat dengan sebaik-baiknya.. SELAMAT MENCOBA yaa teman-teman :)

0 komentar:

Posting Komentar